pokok bahasan kali ini adalah bagaimana cara memasang kopling tempel atau kopling tabung sebagai contoh pemasangan di motor revo 110 menggunakan blok kopling new blade
revo 110 vs new blade |
Untuk pilihan modifikasi kopling manual pada motor bebek
umumnya menggunakan beberapa cara, yaitu :
Menggunakan kopling tempel / kopling tabung. Kelebihannya
biaya lebih murah & praktis karena blok mesin tidak perlu dibobok.
Kelemahannya footstep standar harus dicopot dan diganti footstep racing bahasa
bengkelnya underbone karena mentok ke tabung kopling tempel, harus membuat
dudukan untuk tabungnya, dan yang terakhir kopling tempel bersifat musiman
sehingga tidak selalu tersedia toko sparepart menyediakan.
Menggunakan blok mesin yang sudah dimodif. Kelebihannya
tinggal pasang dengan sedikit penyesuaian pastinya, dan tampilan lebih rapi,
sedangkan kelemahannya tentu saja harganya lebih mahal dibanding kopling
tabung.
Ternyata blok kopling untuk Honda Revo pun cukup langka
karena jarang pemilik Honda Revo 110 yang memodifikasi motornya menggunakan
kopling manual. Sebagai alternatif bisa menggunakan blok kopling New Honda
Blade. Menurut penjualnya blok mesin New Honda Blade bisa dipasang di Honda
Absolute Revo karena dudukan baut nya sama, dan mekanik di bengkel tersebut pun
mengiyakan.
- persiapan
Selain 1 set blok kopling jangan lupa membeli paking dan
seal kick starter apabila di blok kopling tidak ada, karena biasanya paking
bawaan akan rusak apabila blok mesin dibongkar. Seal kick starter ini digunakan
untuk mencegah oli bocor melalui lubang kick starter.
Setelah dibongkar, isi kopling sentrifugal dicopot dan
dimatikan dengan cara dilas. Ada juga yang menyarankan cukup
diganjal/dibaut agar tidak merusak
mangkok sentrifugalnya. Apabila ingin dikembalikan ke standar maka mangkok
sentrifugal bisa digerinda atau ganti yang baru.
- pemasangan
setelah selesaisemua, waktunya memasang blok kopling
tersebut. Dan masalah pun timbul ternyata meskipun posisi baut sama, ternyata
blok tidak bisa terpasang dengan sempurna masih menyisakan jarak sekitar 2mm.
Setelah dicari-cari ternyata penyebabnya adalah dowel pin
atau bos sambungan blok mesin Revo 110 lebih panjang sehingga. Akhirnya dowel
pin tersebut digerinda agar bisa klop dengan blok New Honda Blade. Dan selesai
lah pekerjaan memodifikasi Honda revo dengan kopling manual. Saat dicoba
kopling manual pun bekerja dengan baik.
- test
Setelah beberapa hari digunakan, timbul masalah baru yaitu
terdengar suara klotok-klotok dari area mesin sebelah kanan ketika tuas kopling
ditarik.
- solusi
Setelah dibongkar lagi, ternyata masalahnya adalah batang
tuas yang menekan kopling longgar sehingga menghasilkan bunyi klotok-klotok.
Solusinya batang tuas tersebut diganti dengan besi baru yang ukurannya lebih
besar sehingga rapat dengan dudukannya. Suara klotok-klotok pun hilang.
Masalah lain yang timbul adalah karena setelain terlalu
kencang membuat kabel kopling menjadi gampang memuai dan harus sering-sering
menyetel kopling sampai akhirnya setelan pun mentok. Solusinya tuas kopling
yang diatas blok mesin digeser beberapa mata hasilnya selain jarang menyetel
kopling, tuas kopling pun terasa lebih ringan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar